Senam Anti Stroke, Hand Hygine Di Poliklinik

Stroke adalah suatu kejadian rusaknya sebagian dari otak. Terjadi jika pembuluh darah arteri yang mengalirkan darah ke otak tersumbat, robek, atau bocor. Stroke, atau cerebrovascular accident (CVA), merupakan hilangnya fungsi-fungsi otak dengan cepat, karena gangguan suplai darah ke otak. Hal ini dapat terjadi karena iskemia (berkurangnya aliran darah) dikarenakan oleh penyumbatan (thrombosis, arterial embolism), atau adanya haemorrhage (pendarahan) (wikipedia.org).

Pasien Poliklinik melakukan senam anti stroke

Salah satu pencegahan pasca stroke atau antisipasi penyakit stroke yaitu dengan Senam Anti Stroke. Senam stroke ini mampu mengembalikan aktivitas motorik hingga lebih baik lagi,” menurut fisioterapi RSUD Ibnu Sutowo, Eva Arleni, Rabu (19.06.2019). Kegiatan ini telah rutin dilaksanakan oleh Poliklinik RSUD Ibnu Sutowo setiap hari kamis pada jam kerja. Sasaran utama para pengunjung pasien Poliklinik yang sedang berobat. selain senam anti stroke,ada juga pengenalan tentang cuci tangan atau dikenal dengan Hand Hygine. Melalui Instruktur yang diajarkan oleh staf IPCN, semua pasien ikut serta melakukan langkah – langkah cuci tangan yang benar menurut WHO.

Langkah – Langkah Mencuci Tangan Menurut WHO

PBB melalui WHO sejak tahun 2008 menetapkan “Hari Cuci Tangan Pakai Sabun Sedunia” (HCTPS) secara global setiap pada tanggal 15 Oktober setiap tahun. Cuci tangan adalah membasuh kedua telapak tangan dengan sabun dan air mengalir sebelum dan sesudah melakukan tindakan dengan tujuan untuk menghilangkan kuman. Membiasakan cuci tangan sejak dini merupakan langkah awal untuk mencegah masuknya kuman dan resiko tertularnya penyakit.

Perawat Mengajarkan Langkah – Langkah Cuci Tangan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.