Sejarah

Ibnu sutowo jaman dahulu

Sejarah Singkat Rumah Sakit

Rumah Sakit Umum Daerah Dr.H.Ibnu Sutowo Baturaja berawal dari sebuah klinik kesehatan yang dibuat dan dibangun oleh pemerintahan kolonial belanda pada tahun 1936 dari hasil pungutan cuka para ( karet), dengan kesepakatan 13 marga. Klinik tersebut pada waktu itu terdiri dari Poliklinik, IGD, Zaal Laki-laki dan Perempuan, Zaal khusus Penyakit Jiwa dan Kamar Mayat. Jumlah ketenagaan terdiri dari 1 orang dokter dari Belanda dan beberapa perawat. Setelah penyerahan kedaulatan RI, pada tahun 1948 klinik berubah menjadi rumah sakit dan diberi nama RS Budiman yang dipimpin oleh seorang dokter Belanda Zr.Josi (dari rumah sakit Pringsewu) tahun 1948-1951.

Pada tahun 1952 RS Budiman berubah menjadi RSUD Baturaja. Melalui perkembangan zaman sejak dari bedirinya sampai sekarang bahkan melalui masa-masa kritis pada zaman perang kemerdekaan dan dimasa pelaksanaan pembangunan, Rumah Sakit Umum Baturaja telah berulang kali direhab dan dibangun serta diperluas sampai menjadi rumah sakit Type C melalui Surat Keputusan Kepala Daerah Tingkat II Ogan Komering Ulu Nomor : 4 tahun 1993 tanggal 30 Juni 1993 dan diundangkan dalam Lembaran Daerah Kabupaten Dati II Ogan komering Ulu Nomor : 8 tahun 1993 tanggal 7 juli 1993 serie D dan pada tanggal 16 September 2002, melalui peraturan daerah kabupaten Ogan Komering Ulu Nomor : 20 tahun 2002 RSUD Baturaja berubah nama menjadi RSUD.Dr.H.Ibnu Sutowo Baturaja.

Pada tanggal 01 Januari 2014 RSUD Dr.H.Ibnu Sutowo sudah berubah jadi BLUD, untuk meningkatkan kinerja pelayanan publik melalui penerapan manajemen keuangan berbasis hasil dalam pengelolaan keuangan, sehingga kualitas layanan publik, cepat, efisien dan efektif dapat dinikmati masyarakat. Dan pada tanggal 17 Juli 2014 telah diresmikan Pelayanan Hemodialisa.

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.