PASIEN RETINOBLASTOMA

RSUD IBNU SUTOWO menerima pasien rujukan dari Puskesmas Kedaton dengan Diagnosa Retinoblastoma Ekstraokuler Sinistra atau dikenal dengan penyakit Kanker Mata. Penyakit ini terjadi pada daerah dibelakang mata yang peka terhadap cahaya (retina) yang paling umum terjadi pada anak – anak yang masih kecil dan dapat menyebar ke kantung mata hingga ke otak (melalui saraf penglihatan) (Wikipedia).

PENGINAPAN DI PALEMBANG

Pasien atas nama An.N dengan umur 4 Tahun dan diperiksa langsung oleh Dokter Spesialis Mata RSUD Ibnu Sutowo dr.Nila Dwi Utami, Sp.M. Gejala yang tampak seperti bola mata kirinya keluar sudah satu tahun yang lalu dan mulai menonjol sejak lebih kurang 3 minggu dan terlihat seperti mata kucing.

menunggu untuk pemeriksaan tindakan

Pasien ini dengan latarbelakang pekerjaan orang tua hanya sebagai petani. Dokter menyarankan segera dirujuk ke Palembang. Tanggal 18 November kemarin pasien dirujuk ke RSMH  dengan dibantu oleh Perawat Ns.Diana Hadi.,S.Kep dengan bantuan biaya oleh RSUD Ibnu Sutowo sebesar tiga juta rupiah dan bantuan dari relawan Aksi Cepat Tanggap dan lain – lain.

Di RSMH Palembang, keluarga tinggal di Wisma RSMH dengan biaya dari bantuan – bantuan relawan.tindakan yang telah dilakukan antara lain konsultasi dengan Dokter Spesialis Anak dan Anastesi. Atas anjuran Dokter spesialis anak tersebut, direncanakan akan melakukan tindakan CT-Scan Orbital, RO Thorak, dan darah lengkap.

Untuk selanjutnya jika kemungkinan hasil CT-Scan antara otak dan tulang – tulang kepala sudah menyatu, Dokter tidak menyarankan untuk tindakan Operasi hanya bisa dilakukan kemoterapi saja. Hari ini pasien dilanjutkan untuk tindakan selanjutnya dan serah terima tugas oleh Petugas Puskesmas Kab.OKU.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.