“Empower Parents Enable Breastfeeding”

Masih dalam rangka Pekan ASI Sedunia, RSUD Ibnu Sutowo telah mengadakan acara sosialisasi ASI yang disampaikan langsung oleh Dr.dr Rosiana A.M. Sp.A. Acara yang dihadiri oleh masyarakat luar khususnya ibu – ibu hamil dan menyusui anaknya, serta didampingi oleh suami – suami yang turut mendukung pemberian ASI bagi anaknya.   
Lebih dari 50 peserta yang ikut hadir dalam acara ini
Dr.dr Rosiana,Sp.A bersama dr Yessiliana Joefen
Kata sambutan dari perwakilan Direktur

Dibuka dengan sambutan dari perwakilan Direktur RSUD dr.Yessiliana Joefen, beliau menyampaikan tentang pentingnya ASI Eksklusif dan IMD setelah melahirkan. Beliau berharap semua yang hadir  dan masyarakat awam lainnya akan lebih memprioritaskan lagi untuk memberikan ASI dari pada susu formula.

Narasumber Dr.dr.Rosiana Sp.A memberikan materi ASI dengan bahasa yang mudah dipahami oleh masyarakat. Beliau memberitahukan kalau “Menyusui eksklusif selama enam bulan pertama kehidupan menjadi rekomendasi makanan terbaik, dilanjutkan dengan pemberian makanan pendamping ASI dan terus menyusui hingga usia dua tahun atau lebih (WHO)”.  

“Menyusui Bukan Sekedar Memberi ASI”

dr.Rosi menyampaikan materi seputar ASI
Banyak zat dan kandungan gizi ASI sebagai antibodi untuk bayi, baik untuk tumbuh kembang, mencerdaskan otak bayi, dan mengaktifkan saraf – saraf otak untuk bekerja lebih optimal. Selain untuk bayi, ASI bagus juga untuk ibu, diantaranya bisa merespon stres lebih baik, menurunkan penyakit jantung, DM, kualitas tidur lebih baik, menghambat 40 jenis sel kanker dan meningkatkan ikatan batin antara ibu dan bayi.

5 Kunci Sukses Menyusui :

  1. Kontak kulit bayi dengan kulit ibu segera setelah lahir.
    IMD adalah awal proses bagi bayi untuk menyusui, biarkan bayi berada di dada ibu selama lebih kurang 1 jam agar ia bisa mengenali dan mencari puting ibunya.
  2. Rawat gabung lahir.
    Jangan pisahkan antara ibu – anak setelah lahir, agar ibu bisa mengenali tanda lapar pada bayi, belajar merespon dan merawat bayi.
  3. Cegah pemberian susu / makanan tambahan tanpa indikasi medis
  4. Hindari penggunaan botol dot dan empeng
  5. Cari bantuan praktis atau bimbingan menyusui.
pertanyaan seputar ASI
Pertanyaan Apakah boleh mengkonsumsi suplemen penambah ASI??
Acara ini juga mengadakan tanya jawab dengan Dokter Rosi. Banyak ibu – ibu yang bertanya apakah ASI bisa basi?. Bolehkah ibu mengkonsumsi suplemen penambah ASI?.  Bagaimana cara memanaskan ASI perah yang baik?. Bagaimana jika persalinan SC mau menyusui langsung? Dan banyak pertanyaan lain nya. Semuanya dijelaskan oleh Dokter Rosi dengan jawaban yang dipahami oleh ibu – ibu. 
Selain pertanyaan, Dokter Rosi juga mempraktekkan cara menggendong bayi yang benar, karena posisi menyusui yang salah juga bisa menjadi penyebab bayi  tidak mau menyusui
Posisi menggendong bayi yang benar agar tidak salah ketika menyusui
Foto bersama Ibu – ibu yang membawa bayi
Suami juga mendukung pemerian ASI bagi bayi
Bersama ibu- ibu hamil
Pembagian balon dan souvenir sebagai ucapan terima kasih dari panitia
Seluruh panitia yang telah berhasil mensukseskan acara ini

“Menyusui Itu Simple dan Fleksibel”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.